best website stats Wisata Mojo Kembangsore Park Resmi Dibuka, Akan Ada Mojokerto Lampion Garden - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Wisata Mojo Kembangsore Park Resmi Dibuka, Akan Ada Mojokerto Lampion Garden

majamojokerto.com

Wisata Pasar Rakyat Kembangsore Park yang berada di Desa Petak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, akhirnya di buka untuk umum. Peresmian wisata yang mengusung tema pasar kerakyatan ini ditandai dengan potongan pita oleh Pejabat Sementara (PJS) Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo Sabtu kemarin (17/10/2020).

Informasi yang dihimpun Reporter Maja FM, sebelum diresmikan menjadi Destinasi Wisata, tanah seluas 3 Hektar sebelumnya menjadi ladang sawah yang dikelola oleh perangkat desa. Namun kini tanah persawahan itu disulap menjadi destinasi wisata baru di wilayah Desa Petak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Destinasi wisata itu diberi nama Mojo Kembangsore Park. Nama tersebut diambil dari nama Dusun yang berdiri di kaki gunung Welirang. Pacet sendiri dikenal dengan daerah yang memiliki potensi wisata yang cukup besar. Terlebih lokasinya yang berada di area pegunungan.

Mojo Kembangsore Park berkonsep sebagai lokasi rest area yang dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti wahana permainan dan food court.
Tak hanya itu, Mojo Kembangsore Park ini nantinya akan di bangun sebuah destinasi wisata Mojokerto Lampion Garden satu-satunya yang ada di Mojokerto.

Meski belum sepenuhnya lengkap, wisata dan rest area yang dibangun menggunakan anggaran BK Desa senilai Rp 11,7 miliar di tahun 2017 ini, diprediksi bakal ikut andil mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Mojokerto.

"Yang perlu kita tegaskan kembali, Mojo Kembangsore Park merupakan Badan usaha milik desa. Ini tidak milik perorangan. Kedua, dalam hal pembangunan atau permodalan juga bersifat berasama dan investor ini adalah warga desa serta yang berdagang pun warga desa. Kalau ini bisa di jalankan, ini impeknya sangat luar biasa,"ungkap Himawan Estu Bagijo, PJS Bupati Mojokerto. 

Menurutnya, dengan konsep yang diterapkan oleh Mojo Kembangsore Park ini, tak hanya menghasilkan pundi-pundi uang, melainkan akan menambah kekuatan ekonomi dan daya beli masyarakat juga akan meningkat.

"Tadi dalam pidato, saya sampaikan kalau di Desa lain itu ada tempat milik perorangan seyogyakan bisa di kelola bersama di BUMDES daerah tersebut. Kemudian di kelola bersama. Jangan malah di jual kepada orang luar, nanti kita jadi pegawai didaerahnya sendiri. Ini kan tidak bagus," tambahnya.

Sementara itu, Supoyo, Kepala Desa Petak, Kecamatan Pacet Mojokerto mengaku, konsep Pasar Rakyat Mojo Kembangsore Park mengangkat perekonomian kerakyatan. Yakni semua yang ada di lokasi ini adalah masyarakat desa petak. Mulai dari yang bekerja, pelapak maupun yang membantu.

"Ini berdiri di atas tanah kas desa. Dari 3 hektar kita masih gunakan 1,5 hektar nya saja, sebab nanti ini akan kita kembangkan. Termasuk akan kita bangun Mojokerto Lampion Garden satu-satunya di Mojokerto yang menelan anggaran sebesar Rp 485 juta. Dan angka ini merupakan investasi dari masyarakat desa," tegasnya.

Selain lapak, Pasar Rakyat Mojo Kembangsore Park juga tersedia rest area yang cukup besar, dengan harapan kedepan semua pengunjung pariwisata yang masuk kawasan wisata Pacet bisa standby di lokasi yang telah disediakan.

"Seperti bus bus wisata sebelum ke destinasi yang ada di kawasan Pacet bisa berhenti dulu disini, nanti akan kita antar, bisa juga diantarkan oleh warga. Ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat. Disini juga komplit semua kebutuhan mayarakat akan kita layani. Mulai dari lapak basah, perlengkapan rumah tangga, aksesoris, oleh-oleh khas Pacet, semua kita persiapkan bagi pengunjung," pungkasnya. (fad/mjf)

majamojokerto.com
majamojokerto.com
majamojokerto.com
majamojokerto.com
majamojokerto.com
majamojokerto.com
majamojokerto.com