best website stats Toko Modern Informa, Ace Hardware dan Chatime di Mojokerto Akan Ditutup Satpol PP, Ini Sebabnya - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Toko Modern Informa, Ace Hardware dan Chatime di Mojokerto Akan Ditutup Satpol PP, Ini Sebabnya

majamojokerto.com

Toko modern Informa, ACE Hardware dan Chatime yang berada di Jalan Mojopahit No. 420, Mergelo, Kranggan, Kota Mojokerto kabarnya akan ditutup oleh Satpol PP. Sebab, toko yang diresmikan oleh Ika Puspitasari atau Ning Ita, Walikota Mojokerto beberapa waktu lalu itu ada masalah perizinan.

Informasi yang dihimpun Reporter Maja FM, tiga swalayan yang berada dalam satu atap tersebut selama menggunakan izin perdagangan eceran. Dan baru diketahui setelah Dinas Perindustrian mengeluarkan izin, jika toko modern Informa, ACE Hardware dan Chatime masuk dalam kategori toko modern.

Heryana Dodik Murtono, Kepala Satpol PP Kota Mojokerto mengatakan, penutupan toko modern yang bakal dilakukan selanjutnya, yakni berlokasi di Jalan Mojopahit No.420, Mergelo, Kranggan, Kota Mojokerto.

"Ada beberapa toko yang besok (hari ini) kita tutup, karena masalah perizinan. Salah satunya Informa, ACE Hardware dan Chatime," ungkapnya Rabu (14/10/2020).

Selain tiga swalayan yang berada dalam satu lokasi, Satpol PP bakal menutup beberapa toko modern lainnya yang melanggar perizinan.

"Untuk Informa, ACE Hardware dan Chatime sebelumnya sudah kita berikan klarifikasi pada 8 Oktober lalu, kalau izin mereka itu izin eceran atau reguler. Sehingga kita minta untuk menutup sementara, trakhir besok," tambahnya.

Sebab toko modern tersebut diketahui selama ini memiliki izin lokasi. Hanya saja mereka menyalahi perizinan, sehingga diminta untuk tidak beroperasi.

Hal itu terungkap setelah adanya informasi dari instansi terkait, yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mojokerto tentang data izin usaha yang dimiliki tiga swalayan dan pusat perbelanjaan itu hanya izin usaha eceran atau regular.

Termasuk surat dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Mojokerto pada Rabu, 12 Oktober 2020 yang menyatakan, tiga toko yang berada dalam satu atap PT. Home Center Indonesia itu seharusnya masuk kategori toko Modern.

"Izin mereka baru diketahui setelah adanya surat dari Disperindag soal status izin mereka. Disperindag menyampaikan bahwa toko tersebut bukan pedagang eceran, melainkan toko modern dan klasifikasinya toko swalayan (Supermarket). Dari situ, kita langsung melayangkan pemberitahuan penutupan sementara untuk tidak operasi sampai ijin operasional toko modernnya keluar," tegasnya.

Pihaknya berencana akan melakukan penutupan sementara hingga izin operasional diperbaruhi menjadi izin toko modern atau toko swalayan. Selain itu, pihaknya sudah mengirimkan surat penutupan sementara toko tersebut.

Saat disinggung perizinan awal ke DPMPTSP Kota Mojokerto hingga bisa mengeluarkan izin operasional ketiga toko yang berada dalam satu atap tersebut dalam izin operasional eceran, Dodik menegaskan jika DPMPTSP Kota Mojokerto mengeluarkan izin berdasarkan dari permintaan yang bersangkutan. Yakni izin operasional eceran bukan izin operasional toko modern atau toko swalayan seperti fakta yang ada di lapangan.

“Intinya DPMPTSP melayani sesuai permintaan perijinan. Nah ijin lokasi itu dikeluarkan karena sesuai dengan pengajuan mereka. Bahkan sepengetahuan saya dari pusatnya sana, suratnya pedagang eceran dan regular,” tandasnya.

Sekedar diketahui, toko modern Informa, ACE Hardware dan Chatime yang berlokasi di Jalan Mojopahit No. 420, Mergelo, Kranggan itu telah diresmikan Walikota Mojokerto pada Jum'at (14/03/2020) lalu.

Tak hanya Walikota Mojokerto, peresmian dan pembukaan toko modern yang menyediakan ritel perkakas dan perabot rumah tangga tersebut, juga dihadiri Wakil Walikota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria, beserta para pejabat Pemkot, dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Mojokerto Halila Rama Purnama. (fad/mjf)