best website stats Sejumlah Nakes RSU Kota Mojokerto Positif Covid-19, Tiga Ruangan Dihentikan Sementara - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Sejumlah Nakes RSU Kota Mojokerto Positif Covid-19, Tiga Ruangan Dihentikan Sementara

majamojokerto.com

Pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga kesehatan (Nakes) terus bertambah. Di Kota Mojokerto setidaknya ada enam orang yang terinfeksi virus corona sejak sepekan lalu, yang terdiri dari dokter, ahli gizi hingga perawat.

Informasi yang dihimpun Reporter Maja FM, ke enam nakes itu terdeteksi dalam sehari-hari beraktifitas di RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Akibatnya terdapat tiga ruangan yang diberhentikan sementara, untuk mengurangi daya penyebaran.

dr Sugeng Mulyadi, Direktur RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo mengatakan, deteksi awal munculnya nakes terinfeksi positif Covid-19 berawal dari rapid test yang rutin dilakukan oleh pihak rumah sakit. Dari hasil itu, kemudian muncul reaktif hingga swab.

"Dari situ muncul 6 tenaga kesehatan dinyatakan positif dan saat ini mereka sudah menjalani isolasi," ujarnya, Rabu (29/7/2020).

Mereka yang dinyatakan positif tersebar di tiga ruangan. Diantaranya ruang Operasi, ruang Hemodialisa (ruang cuci darah), dan juga ruang instalasi Gizi.

"Ruang Operasi 2 orang yang positif, Hemodialisa 2, ruang instalasi gizi 2 orang. Mereka terdiri dari satu dokter, dua ahli Gizi, satu asisten ruang operasi, dan perawat HD 2," jelasnya.

Menggapi hal itu, sejak Senin lalu (26/7/2020) secara bertahap tiga ruangan tersebut langsung dilakukan General Cleaning ( sterilisasi menyeluruh) dengan disinfektan.

Selain itu pihaknya juga sudah melakukan swab massal kepada seluruh nakes, mulai dari dokter, perawat termasuk cleaning servis di tiga ruangan tersebut untuk memutus penyebaran.

"Sekarang karena ada para medis di bagian operasi terpapar kita emergency, kita lock down mungkin dua sampai 3 hari dengan tujuan semua petugas medis di swab lalu kita petakan mana yang terpapar atau tidak. Setelah diketahui negatif, nantinya akan kita buka kembali. Ruangannya kita General Cleaning (sterilisasi menyeluruh)," tegasnya.

Pihaknya juga menyebut, masih menerima masyarakat untuk menjalani operasi namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Secara umum pihaknya belum mengetahui secara pasti para tenaga medis (nakes) di RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto bisa terpapar.

"Kita belum tau dari mana, yang jelas semua tenaga medis mulai dokter ini kan juga berpindah pindah, jadi kita tidak bisa mengetahui," tandasnya.

Sebelumnya, telah diketahui terdapat tujuh tenaga kesehatan terpapar Virus Covid-19, dan saat ini sudah dinyatakan sembuh. Sehingga total nakes yang terpapar itu sejumlah 13 orang, diantaranya tiga dokter, dua tenaga ahli, tujuh perawat, serta satu cleaning service.

Tujuh orang sudah dinyatakan sembuh, sementara enam lainnya yang baru sepekan lalu confirm, masih menjalani isolasi mandiri dan isolasi di rumah sakit. (fad/mjf)