best website stats Digelontor Rp 5 Miliar, 20 Sekolah di Kota Mojokerto Akan Direhab Tahun Ini - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Digelontor Rp 5 Miliar, 20 Sekolah di Kota Mojokerto Akan Direhab Tahun Ini

majamojokerto.com

Dari hasil pendataan Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, sedikitnya ada 20 sekolah yang jadi prioritas rehabilitasi tahun 2020 ini.

Informasi yang dihimpun Maja FM, Pemkot Mojokerto bakal menggelontor anggaran sekitar Rp 5 miliar untuk rehabilitasi 20 sekolah tersebut.

Amin Wachid, Kepala Dinas Pendidik (Dispendik) mengatakan, rehabilitasi sekolah itu merupakan kelanjutan dari  proyek perbaikan tahun lalu. Dimana ada 32 sekolah yang mendapat sentuhan perbaikan fisik. Sedangkan tahun ini, ada 20 lembaga yang bakal jadi sasaran perbaikan. “Tahun ini akan dimulai tahap rehabilitasinya,” bebernya.

Menurutnya, ada 10 lembaga bakal direhabilitasi dengan jatah anggaran sekitar Rp 3,5 miliar. Diantaranya SDN Gedongan 3; SDN Purwotengah 2; SDN Magersari 2; SDN Mentikan 2; SDN Surodinawan, SDN Gedongan 2; serta SDN Kranggan 4. Selain itu juga ada SMPN 4 dan SMPN 8. “Rata-rata mendapatkan rehabilitasi sedang,” terangnya.

Anggaran perbaikan itu berasal dari pemerintah pusat. Diantaranya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) serta Dana Alokasi Umum (DAU).

Amin juga mengatakan, tahun ini Dispendik juga menyiapkan Rp 1,5 miliar dari APBD Pemkot untuk dana pemeliharaan gedung sekolah. Dana itu khusus diberikan sekolah yang belum memiliki sertifikat. “Ada 10 lembaga yang mendapatkan bantuan pemeliharaan tahun ini. Selain belum bersertifikat, sekolah tersebut juga dinyatakan rusak,” paparnya.

Sampai sekarang pihaknya mengupayakan untuk mengurus sertifikat sekolah-sekolah tersebut ke BPN (Badan Pertanahan Nasional). Upaya itu dilakukan sejak setahun terakhir. “Tapi ada beberapa yang hingga kini masih proses,” jelasnya.

Dalam proses legalitas masih berjalan, maka sekolah-sekolah itu diberikan dana pemeliharaan. Tujuannya agar peserta didik maupun pendidik aman selama KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) berlangsung. “Jadi ada total 20 sekolah yang akan direhab dan pemeliharaan tahun ini,” tandasnya. (gk/majafm)