best website stats PT KAI Wacanakan Pembangunan Underpass di Sejumlah Titik Jalur Ganda di Mojokerto - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

PT KAI Wacanakan Pembangunan Underpass di Sejumlah Titik Jalur Ganda di Mojokerto

majamojokerto.com

Salah satu perlintasan tanpa palang pintu di wilayah Mojokerto.

Seiring tingginya angka kecelakaan di perlintasan kereta api tanpa palang pintu, PT KAI akan membangun underpass di sejumlah titik jalur Jalur Ganda (Double Track) di sepanjang wilayah Mojokerto.

Wahyudi Cahyadi, Kepala Stasiun Mojokerto mengatakan, pihaknya memastikan wacana pembangunan underpass di jalur ganda bakal di bangun di wilayah Mojokerto. Namun, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan, berapa jumlah dan titik perlintasan yang bakal di bangun.

"Iya betul tapi nanti sebagian (Jalur ganda, Red) yang akan dibuat underpass. Saya belum dapat kepastian berapa rencana yang mau dibuat underpass tersebut," ujarnya, saat dikonfirmasi Fuad Amanulloh, Reporter Maja FM melalui sambungan telepon, Senin (06/01/2020).

Yang jelas, Kata Wahyudi, dalam waktu dekat akan ada pembangunan underpass di wilayahnya. Sampai saat ini masih berkoordinasi dengan Ditjenka (Direktorat Jenderal Perkeretaapian), selaku pemegang otoritas di bidang penyelenggaraan lalu lintas, angkutan, sarana dan prasarana transportasi kereta api, serta peningkatan keselamatan transportasi kereta api.

"Belum dapat info itu (Underpass), nantinya dari Dinas Perhubungan Ditjenka kami saling koordinasi," jelasnya.

Sampai saat ini masih berlangsung pembangungan proyek double trek di jalur perlintasan kereta api Mojokerto-Wonokromo terus dikebut.

Tahap pengurukan yang dimulai dari Jombang telah melintas di area Mojokerto. "Estimasi jalur ganda di Mojokerto sekitar akhir tahun 2020 selesai," tandasnya.

Sementara itu dari data yang dihimpun, ada 568 titik perlintasan kereta api tanpa palang pintu di wilayah Daops 8 Surabaya. Titik itu tersebar di wilayah Bojonegoro, Lamongan, Surabaya, serta Mojokerto.

Sekedar diketahui, terakhir ada kecelakaan pada perlintasan tanpa palang pintu di Dusun Karangnongko, Desa Mojoranu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Minggu lalu (15/12/2019) sekitar pukul 19.20 WIB. Dalam kejadian itu, mobil Suzuki Ertiga Nopol L 1540 YQ tertabrak kereta api. (fad/and)