best website stats Terhimpit Hutang Rentenir, Perempuan Ini Nekat Bobol Minimarket di Mojokerto - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Terhimpit Hutang Rentenir, Perempuan Ini Nekat Bobol Minimarket di Mojokerto

majamojokerto.com

Polisi berhasil meringkus Khusnul Hotimah (47) warga Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro, Mojokerto pembobol ATM seorang diri di sebuah minimarket di jalan Raya Wonosari, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Rabu malam (01/01/2020) sekitar pukul 23.00 WIB.

AKBP Setyo Koes Hariyatno, Kapolres Mojokerto mengatakan, selain beraksi seorang diri, pelaku ini merupakan residivis dalam kasus yang sama yakni pencurian dan pemberatan di wilayah Ngoro.

"Dari pengakuannya pelaku ini terhimpit hutang rentenir, sehingga dia merencanakan aksi pembobolan ATM untuk mendapatkan uang dengan cepat," ungkapnya.

Namun dalam melakukan aksinya, pelaku gagal untuk membobol ATM. Selain itu, tanpa sadar aksinya juga terekam CCTV toko, sehingga petugas dengan mudah meringkusnya.

"Tidak sampai 10 jam petugas langsung meringkus dia di tempat persembunyiannya di rumah saudaranya," terangnya.

Kata Kapolres, pelaku masuk ke minimarket dengan memanjat pagar belakang. Kemudian naik ke atap untuk menjebol plafon sebagai jalan masuk. Pelaku juga menggunakan palu, tang dan obeng untuk menjebol plafon.

"Awalnya dia mau menguras isi mesin ATM didalam minimarket. Karena tidak bisa, akhirnya dia mengambil barang yang mudah dijual," kata Kapolres saat jumpa pers di rumah dinasnya, Jalan Pahlawan, Kota Mojokerto, Jum'at (3/1/2020).

Aksi Khusnul terekam kamera CCTV didalam minimarket. Dia berada didalam (minimarket) sekitar 3 jam. Setelah mencuri rokok berbagai merek dan uang di laci kasir sebesar Rp 100.000, pelaku berusaha mencuri uang dari mesin ATM Mandiri dan brankas didalam minimarket.

"Setelah gagal mencongkel brankas dan mesin ATM, pelaku keluar dengan memanjat plafon yang sama pada awal dia masuk, yakni menaiki meja kasir," ungkapnya kepada Fuad Amanulloh, Reporter Maja FM.

Setelah mendapatkan laporan, pelaku langsung dilakukan pengejaran dan berhasil ditangkap polisi pada Kamis (02/01/20) sekitar pukul 09.00 WIB, usai melakukan aksi pembobolan pada Rabu malam (01/01/2020) sekitar pukul 23.00 WIB.

Akibat perbuatanya, pelaku dikenakan Pasal 363 ayat 1 ke-3 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

Sementara itu, Khusnul mengaku jika aksinya itu dilakukan untuk membayar hutang.

"Karena saya ditagih utang terus. Utangnya ke rentenir. Saya cari utangan tidak dapat," tandasnya. (fad/and)