best website stats Ditempati Awal 2020, Pasar Prapanca Mojokerto Tak Lagi Tampung Pedagang Loak - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Ditempati Awal 2020, Pasar Prapanca Mojokerto Tak Lagi Tampung Pedagang Loak

majamojokerto.com

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Mojokerto memastikan, pembangunan pasar rakyat Prapanca akan segera selesai.

Informasi yang dihimpun Maja FM, pasar yang sebelumnya dikenal sebagai pasar loak tersebut akan langsung dioperasional pada awal tahun 2020 mendatang. Namun nantinya pedagang lama tidak bisa berjualan di tempat tersebut. Artinya, stand berdagang tidak lagi diperuntukkan untuk menjual onderdil maupun barang bekas.

Ruby Hartoyo, Kepala Disperindag Kota Mojokerto mengatakan, sesuai kontrak pekerjaan fisik pasar Prapanca paling lambat harus selesai pada 20 Desember 2019 besok. Untuk saat ini progresnya kurang dari 98 persen, dan tinggal menyisakan finishing.

Kata Ruby, setelah bangunan selesai, akan langsung dioperasionalkan, tanpa menunggu serah terima. “Karena serah terima diperkirakan baru bisa dilakukan Juli-Agustus 2020 nanti,” jelasnya.

Sehingga saat penempatan nanti, para pedagang tidak akan dibebankan retribusi. “Karena retribusi baru bisa diterapkan setelah proses serah terima,” paparnya.

Ruby juga mengatakan, bangunan pasar Rakyat Prapanca memiliki sebanyak 11 kios dan 120 los. Stand berdagang itu tidak lagi diperuntukkan untuk menjual onderdil maupun barang bekas.

Melainkan akan difungsikan sebagai pasar umum yang menjual bahan-bahan pokok. Hal itu seiring Pemkot Mojokerto merelokasi pedagang pasar loak lama menempati Pasar Kliwon.

Menurutnya, pasar rakyat Prapanca akan diisi oleh pedagang baru yang sebelumnya sudah dipetakan oleh Disperindag. Mereka berasal dari warga sekitar di Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon.

Termasuk menampung pedagang pasar Tanjung Anyar yang dinilai terlalu overload. “Terutama pedagang yang menempati badan jalan. Itu nanti kita tarik kesana,” tandasnya. (gk/majafm)