best website stats Ini Kata Wagub Jatim, Terkait Aksi Teror Bom di Polrestabes Medan - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Ini Kata Wagub Jatim, Terkait Aksi Teror Bom di Polrestabes Medan

majamojokerto.com

Dengan adanya aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di Polrestabes Medan, Sumatera Utara, Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur menyatakan sudah melakukan langkah antisipasi.

Ha itu diungkapkannya usai menjadi inspektur upacara HUT Brimob Polda Jatim ke-74 di Pendopo Agung, Trowulan, Mojokerto, Kamis (14/11/19).

Selain menuai keprihatinan dari dari berbagai kalangan, pihaknya juga sudah mengandeng BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) untuk melakukan pendekatan sektoral. Dengan mendeteksi kantong-kantong kerawanan.

Menurut Emil, ada beberapa faktor penyebab munculnya aksi terorisme yang beberapa kali terjadi di Tanah Air. Salah satunya persoalan ketimpangan ekonomi di tengah masyarakat. Sedangkan persoalan lain yang mendasari adalah konflik sosial dan politik.

"Pemicu-pemicu tersebut yang perlu kita antisipasi sejak dini. Agar aksi serupa tidak terjadi kembali," terangnya.

Selama ini, kata Emil, upaya pencegahan sejak dini juga sudah dilakukan Pemprov Jatim. Yakni dengan menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi penerus bangsa. Harapannya, upaya itu mampu memutus rantai jaringan teroris.

"Kami sudah melakukan upaya preventif dengan melibatkan masyarakat. Selain itu kami juga menanamkan nilai-nilai kebangsaan sampai ke sekolah-sekolah serta komunitas-komunitas," pungkasnya.

Informasi yang dihimpun Fuad Amanulloh, Reporter Maja FM, dalam aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di Polrestabes Medan, Sumatera Utara, sebanyak enam orang terluka, Rabu (13/11/2019). Dari jumlah itu, empat diantaranya diketahui anggota polisi. Sedangkan satu orang lainnya yakni warga sipil, dan satu pekerja harian lepas. (fad/and)