best website stats Polisi Masih Tunggu Hasil Uji Lab, Terkait Sungai di Mojokerto Yang Diduga Tercemar - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Polisi Masih Tunggu Hasil Uji Lab, Terkait Sungai di Mojokerto Yang Diduga Tercemar

majamojokerto.com

Proses penyelidikan terkait dugaan limbah pengolahan usus yang mencemari sugai Ledeng di Dusun Sememi, Desa Modopuro, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto terus berlanjut.

Informasi yang dihimpun Fuad Amanulloh, Reporter Maja FM, meski sungai Ledeng sudah dibersihkan oleh warga dan pelaku UMKM setempat pada Minggu lalu (10/11/19), namun polisi tetap melakukan penyelidikkan terkait pencemaran air Sungai Ledeng yang diduga dilakukan home industri pengolahan usus.

Sebelumnya, Polisi bersama DLH Kabupaten Mojokerto juga sudah mendatangi Sungai Ledeng dan mengambil sampel air sungai, untuk memastikan tingkat pencemaran.

AKBP Setyo Koes Heriyatno, Kapolres Mojokerto mengatakan, proses penyelidikkan petugas masih menunggu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto, terkait uji baku mutu air sungai Ledeng yang diduga tercemar limbah home industri.

" Ada pasal subsider dan asas subsider. Kita tidak bisa serta merta menindak langsung
Kemudian ada denda administrasi dan lain sebagainya. Sehingga kita menunggu DLH sebelum melakukan langkah-langkah selanjutnya," ungkapnya, Selasa (12/11/19)

Kata Kapolres, sejauh ini petugas masih melakukan Pengumpulan Bahan Keterangan (Pulbaket) terhadap yang bersangkutan, sambil menunggu hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh DLH.

"Menunggu DLH, kita akan teruskan ketika hasilnya ada pencemaran sungai mulai dari kadar PH, atau pencemaran lainnya. Namun kalau DLH mengatakan tidak ada pencemaran, ya berarti tidak ada unsur pidana," paparnya.

Sebelumnya, Aminuddin, Kabid Penaatan Lingkungan DLH Kabupaten Mojokerto mengatakan, sampel air dari Sungai Ledeng akan diteliti di Laboratorium Lingkungan Hidup milik DLH Kabupaten Mojokerto.

Pengujian sampel air sungai ini untuk memastikan tingkat pencemaran di Sungai Ledeng, dan akan diketahui minimal 10 hari kerja. (fad/and)

majamojokerto.com