best website stats Proses Evakuasi Pohon Tumbang Pasca Diterpa Angin Kencang, Jalur Pacet Cangar Masih Ditutup - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Proses Evakuasi Pohon Tumbang Pasca Diterpa Angin Kencang, Jalur Pacet Cangar Masih Ditutup

majamojokerto.com

Akibat angin kencang yang terjadi sejak Sabtu malam (19/10/2019), puluhan pohon di jalur Cangar, Pacet, Kabupaten Mojokerto tumbang. Sehingga sampai berita ini diturunkan, jalur Pacet-Cangar menuju Batu Malang masih ditutup.

Sampai saat ini petugas dari Dinas terkait seperti dinas PU, BPBD dan sejumlah potensi relawan masih melakukan proses evakuasi puluhan pohon yang tumbang jalur Cangar menuju Batu.

Dari pantauan Fuad Amanulloh, Reporter Maja FM, di jalur Cangar masih terdapat beberapa pohon yang menutup sebagian jalan. Masyarakat ataupun pengguna jalan diharapkan lebih berhati-hati karena kondisi angin masih cukup kencang.

Muhammad Zaini, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto mengatakan, angin kencang terjadi sejak Sabtu malam. "Sekira pukul 22.00 WIB, angin terjadi di wilayah Pacet," ungkapnya, Senin (21/10/2019).

Masih kata Zaini, angin kencang dengan kecepatan 40-50 KM/jam menyebabkan puluhan pohon tumbang di sepanjang jalur Cangar, Kota Batu dan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Tepatnya di sepanjang Jalan Petung Sewu dan Jalan Pemandian Air Panas Cangar.

"Kurang lebih sekitar 10 lebih pohon yang tumbang. Dengan diameter pohon antara 50 sampai 60 cm menyebabkan jalur Cangar-Pacet tertutup. Sehingga dari kemarin, jalur ini tertutup. Proses evakuasi masih dilakukan petugas," katanya.

Zaini juga mengatakan, saat ini kondisi jalan belum bisa dilewati oleh kendaraan besar, seperti truk dan lainnya. Untuk kendaraan roda dua dan roda empat bisa melewati, namun masih membahayakan bagi pengguna jalan via jalur Cangar-Pacet.

"Evakuasi pohon sudah dilakukan sejak kemarin, saat ini kita juga masih melakukan evakuasi pohon di jalur yang sama. Sebab Minggu malam (20/10/19) terdapat tiga pohon kembali tumbang," paparnya.

Dalam proses evakuasi, BPBD petugas Tahura, PU, Koramil, Polsek Pacet dan relawan LPBI-NU, ISM dan potensi relawan Kabupaten Mojokerto melakukan evakuasi pohon. (fad/and)