best website stats Mobil Disewa dan Diduga Tak Kunjung Dikembalikan, Pemilik Asal Mojokerto Lapor Polisi   - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Mobil Disewa dan Diduga Tak Kunjung Dikembalikan, Pemilik Asal Mojokerto Lapor Polisi  

majamojokerto.com

foto : ilustrasi

 Kasus penipuan bermodus merental mobil seharusnya menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat, karena sering terjadi. Hingga saat ini modus itu ternyata masih terulang di Mojokerto.

Informasi yang dihimpun Fuad Amanulloh, Reporter Maja FM, kasus modus mobil rental kali ini menimpa Riswandi Teguh Sasongko (34) warga Dusun/Desa Kutoporong, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojoketo. Mobil Suzuki Ertiga tipe MB yang dia disewakan tidak kembali. Dugaan penipuan ini dilakukan Abdul Kholiq (40) warga Kelurahan Meri, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

Awalnya pada Senin lalu (13/5/2019), Abdul Kholiq datang ke rumah korban pukul 21.00 WIB untuk menyewa mobil Suzuki Ertiga. ’’Terlapor menyewa satu unit mobil,’’ ungkap Ipda Tri Hidayati, Paurbaghumas Polres Mojokerto, Kamis (18/07/19).

Berpura-pura menjadi pelanggan rental, pelaku kemudian membawa kabur mobil rental korban yang disewa. Untuk memudahkan aksinya, sekali menyawa dalam jangka waktu 10 hari. ’’Dibayar cash selama sepuluh hari. Terhitung dari 13 Mei sampai 23 Mei,’’ tandasnya.

Namun, setelah jatuh tempo, pelaku tak kunjung mengembalikan mobil korban. Sehingga pada Kamis (23/5/2019) lalu, korban mencoba mendatangi rumah Abdul Kholiq. Tapi korban tidak mendapati mobilnya dilokasi. ’’Dalihnya, mobil masih dipakai keluarga pelaku,’’ tuturnya.

Karena merasa geram dengan aksi penyewa, untuk memastikan, keesokan harinya dia (Riswandi Teguh Sasongko) kembali ke rumah terlapor (Abdul Kholiq) untuk mengambil mobil. Namun upayanya kembali gagal. Rumah korban dalam kondisi kosong. ’’Mobilnya sudah digadaikan pelaku,’’ terangnya.

Sadar menjadi korban penipuan, korban memilih melapor ke Polres Mojokerto. ’’Korban mengalami kerugian Rp 216 juta,’’ tambahnya.

Sebagai modal awal, penyidik sudah menyita barang bukti berupa foto kopi surat perjanjian pembiayaan kendaraan, dan surat keterangan kepemilikan kendaraan dari leasing. ’’Penyidik juga sudah memeriksa saksi-saksi,’’ tegasnya. (fad/and/wwn)