best website stats TBC-HIV Care Aisyiyah Kota Mojokerto Gelar FGD Bahas Perwali TBC bersama Dinkes - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

TBC-HIV Care Aisyiyah Kota Mojokerto Gelar FGD Bahas Perwali TBC bersama Dinkes

majamojokerto.com

Suasana FGB bahas draft perwali penanggulangan TBC

Tingginya penyebaran TBC di Kota Mojokerto mendapat perhatian serius dari TBC-HIV Care Aisyiyah Kota Mojokerto. Selain mendorong Pemkot Mojokerto segera terbitkan regulasi dalam bentuk perwali, organisasi perempuan Muhammadiyah ini juga mempelototi isi draft perwali tersebut.

SSR TB-HIV Aisyiyah Kota Mojokerto juga menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) untuk memberi masukan terkait penanganan TBC dengan melibatkan Dinas Kesehatan, Bagian Hukum dan Bappeko serta Puskesmas dan Rumah Sakit dan para Kader TBC.

Tatik Lutfiati, Kepala SSR TB-HIV Aisyiyah Kota Mojokerto mengatakan, pihaknya berharap perwali ini segera diterbitkan, mengingat kondisi penyebaran TBC di Kota Mojokerto cukup memperihatinkan. "Kota Mojokerto untuk TBC Anak prosentasenya tertinggi se Jatim lho," ungkapnya.

Tatik juga mengatakan, hal yang terpenting dalam regulasi ini adalah menampung permasalahan yang selama ini terjadi di bawah, seperti masih banyak supect TBC yang menolak dibawa ke Puskesmas serta banyaknya pasien TBC positif dan drop out minum obat.

"Ada banyak kendala di lapangan dan perlu diberikan payung hukum untuk menanganinya. Seperti sanksi bagi warga yang suspect yang tidak mau diperiksa karena rawan menularkan ke orang lain," katanya.

Dalam diskusi ini, TBC-HIV care Aisyiyah Kota Mojokerto.meminta agar penanganan TBC ada percepatan menuju indonesia bebas TBC tahun 2035. "Kalau bisa Kota Mojokerto.di tahun 2025 sudah nenas dari TBC," pungkasnya.(zac/zac)