best website stats Wujudkan Desa Sejahtera, Pemkab Mojokerto MoU Dengan PT Astra - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Wujudkan Desa Sejahtera, Pemkab Mojokerto MoU Dengan PT Astra

majamojokerto.com

Pungkasiadi, Wabup Mojokerto (paling kanan) saat MoU dengan PT Astra International

Sebanyak 275 desa dari 63 daerah se-Indonesia melakukan perjanjian kerjasama atau MoU program Desa Sejahtera Astra. Termasuk 5 desa di Kecamatan Trawas, Mojokerto. Antara lain Desa Ketapanrame, Selotapak, Kedung Udi, Kesiman, dan Desa Trawas.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, bersama pihak PT. Astra International Tbk, dengan disaksikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT) Eko Putro Sandjojo, Selasa (25/6) di ruang Catur Dharma Hall Menara Astra Jakarta.

Program ini sebagai bentuk upaya mendukung penguatan kawasan perdesaan melalui Program Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera (KBA-DS). Fokus program akan terkonsentrasi pada peningkatan ekonomi berbasis masyarakat, melalui Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (PRUKADES) dengan jangka waktu yang diberi selama dua tahun (2019-2020).

Adapun model pembinaan yang diberikan Astra berupa pendampingan, pelatihan, fasilitasi akses modal/pasar, dan bantuan donasi alat produksi dengan target peningkatan pendapatan, dan penurunan angka pengangguran. Pemerintah diharapkan juga memberi dukungan, seperti memberi izin penggunaan lahan untuk desa, membentuk BUMDES/BUMDESAMA, membuka akses pasar dan memfasilitasi modal sesuai skema program.

Deputy Chief of Coorporate Affairs PT. Astra International Tbk Riza Deliansyah mengatakan, program Desa Sejahtera merupakan salah satu CSR Astra yang diharapkan dapat memberi manfaat bagi pembangunan bangsa. “Astra terus melakukan improvisasi dan berkomitmen untuk memberi kontribusi terhadap pembangunan desa di Indonesia," ungkapnya.

Sementara Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi yang baik tidak akan bagus jika ada kesenjangan, oleh karena itu, pembangunan di desa itu wajib dijalankan sesuai dalam nawacita ke-3. "Presiden menginstruksikan desa untuk membangun diri mereka sendiri dengan kekuatan Dana Desa. Program ini pada awal-awal hanya terserap 82 persen. Namun presiden tetap memotivasi semua untuk tetap memaksimalkan penyerapan Dana Desa dengan pendampingan yang baik dari Pemda, Kepolisian, dan Kejaksaan," terangnya

Wabup Mojokerto Pungkasiadi berharap agar kerjasama ini bisa memotivasi dan mendorong perekonomian masyarakat khususnya di Kabupaten Mojokerto. “Saya berharap penandatanganan kerjasama dengan Astra ini, bisa mendongkrak tumbuh kembang perekonomian masyarakat desa, khususnya Kabupaten Mojokerto,” pungkas wabup.(zac/zac)