best website stats Sempat Kekurangan 114 Siswa Saat PPDB, SMAN 1 Kota Mojokerto Akhirnya Terpenuhi - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Sempat Kekurangan 114 Siswa Saat PPDB, SMAN 1 Kota Mojokerto Akhirnya Terpenuhi

majamojokerto.com

Dampak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi, tiga kelas SMA Negeri 1 Kota Mojokerto sempat kekurangan sebanyak 114 siswa. Namun hingga hari ini, Selasa (25/06/2019) kekurangan itu akhirnya terpenuhi.

Imam Wahyudi, Kepala SMAN 1 Kota Mojokerto mengatakan, sesuai kebijakan Cabang Dinas Pendidikan Mojokerto, akhirnya kembali membuka pendaftaran sejak Senin kemarin (24/6) pukul 10.00 WIB sampai sore ini (25/6/2019).

Hasilnya, kekurangan pagu sebanyak 114 siswa atau tiga kelas yang terancam kosong berhasil terpenuhi. "Ini tadi pukul 14.30 WIB pendaftaran kami tutup, karena sudah penuh 114 siswa. Banyak orang tua yang terus berdatangan, terpaksa kami kembalikan," ungkap Imam kepada Fuad Amanulloh, Reporter Maja FM, Selasa (25/6/2019).

Imam juga mengatakan, para orang tua yang datang untuk mendaftarkan anaknya, mayoritas berasal dari luar Kota Mojokerto. Meliputi Kecamatan Sooko, Puri, Jetis, Gedeg Kabupaten Mojokerto. Kemudian, Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang, serta Kecamatan Tarik, Sidoarjo.

" Dalam mengisi kekurangan siswa di SMA Negeri 1 tidak ada batasan zona. Dari Kota Mojokerto sendiri jarang, karena banyak yang sudah diterima di SMA dan SMK dalam kota," terangnya.

Baca juga : Dinas Pendidikan Minta, 4 SMA Negeri di Mojokerto Kekurangan Siswa Saat PPDB Harus Dipenuhi

Meski demikian, para siswa yang mendaftar untuk mengisi kekurangan pagu wajib memenuhi sejumlah persyaratan, yakni membawa Surat Keterangan Lulus (SKL) dari SMP asal, surat permohonan dari orang tua, serta nomor PIN yang membuktikan siswa itu pernah mengikuti PPDB, tapi gagal diterima di sekolah manapun.

"Saat ini kami proses verifikasi. Setiap siswa yang mendaftar kami cek melalui nomor PIN. Jangan sampai dia sudah diterima di sekolah lain," tegasnya

Sejauh ini, kata Imam, ditemukan 2 calon siswa yang harus di coret karena sudah diterima di sekolah lain.

Hasil verifikasi terhadap 114 siswa yang baru mendaftar, menurut Imam, akan diumumkan Rabu besok (26/6) sekitar pukul 11.00 WIB. Para siswa yang diterima di SMAN 1 Kota Mojokerto diminta langsung melakukan daftar ulang di hari yang sama.

Meski 114 siswa pengisi kekurangan pagu berpotensi kembali berkurang, Imam menegaskan tidak akan membuka pendaftaran lagi. "Kalau nanti masih kurang, kami tidak membuka pendaftaran lagi. Yang penting tidak terlalu banyak kurangnya," tandasnya.

Sementara itu, di sekolah lain yang sempat kekurangan siswa seperti di SMAN 3 Kota Mojokerto sebanyak 66 siswa, SMAN 1 Trawas 36 siswa, serta SMAN 1 Kutorejo kurang 11 siswa. Dari informasi yang diperoleh, ketiga sekolah itu juga terpenuhi melalui pendaftaran dengan mekanisme yang sama. (fad/and/wwn)