best website stats Tumpukan Batu Bata Kuno Yang Ditemukan Warga Trowulan Mojokerto, Diperkirakan Permukiman Bangsawan Era Majapahit   - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Tumpukan Batu Bata Kuno Yang Ditemukan Warga Trowulan Mojokerto, Diperkirakan Permukiman Bangsawan Era Majapahit  

majamojokerto.com


Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) menyebut, struktur tumpukan batu bata kuno sisa-sisa zaman Majapahit yang ditemukan warga Desa Pakis, Kecamatan Trowulan Mojokerto, merupakan permukiman bangsawan.

Wicaksono Dwi Nugroho, Arkeolog BPCB Jatim mengatakan, peninjauan di lokasi penemuan situs di Desa Pakis pada tiga Minggu yang lalu oleh warga sekitar, tim BPCB banyak menemukan fragmen pecahan keramik dari tanah liat serta gentong. Hal itu diperkirakan berdiri pada abad 15 masehi.

Menurut Wicaksono, temuan ini menjadi petunjuk situs permukiman yang ditemukan warga sudah menggunakan atap dari genteng.

Tidak hanya itu, gerabah dari tanah liat juga banya ditemukan di situs yang terletak di kebun milik Mulyanto (62) tersebut.

"Kami bisa memperkirakan bangunan ini pondasinya dari bata, dinding kayu, atapnya menggunakan genteng. Karena kami menemukan fragmen tembikar genteng cukup banyak di sini. Selain itu, tumpukan batu bata ini kalau di gali kembali diperkirakan akan tersambung dengan bangunan yang lainya," katanya kepada Fuad Amanulloh, Reporter Maja FM, Selasa (25/06/2019)

Bahkan, dirinya bersama tim juga menemukan pecahan keramik berbentuk mangkuk, " ini dilihat dari warna dan detailnya berasal dari Dinasti Ming di China pada abad 15 masehi," jelasnya.

Nugroho memperkirakan, temuan struktur itu berupa permukiman pada masa Majapahit yang dulunya dihuni oleh kaum saudagar atau bangsawan.

Menurutnya, untuk langkah selanjutnya BPCB Jatim akan membuat laporan terlebih dulu, sebelum melakukan ekskavasi. "Akan kami laporkan ke atasan saya dulu, nanti kebijakannya seperti apa kami kabarkan. Idealnya diekskavasi, tapi kami harus lapor pimpinam lebih dulu," tandasnya. (fad/and/wwn)