best website stats Ning Ita, Walikota Mojokerto Paparkan Peran Pemimpin di Era Millenial - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Ning Ita, Walikota Mojokerto Paparkan Peran Pemimpin di Era Millenial

majamojokerto.com

Ita Puspitasari atau Ning Ita, Walikota Mojokerto jadi pembicara dalam dialog interaktif yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Ilmu Pemerintahan, Universitas Islam Majapahit (UNIM) Mojokerto.

Informasi yang dihimpun Maja FM, dialog interaktif itu bertema “ Peran Perempuan Dalam Perspektif Kepemimpinan Era Milenial”, yang digelar Selasa (30/04/2019) di Gedung Nuswantara Lantai 1 UNIM Mojokerto. 

Ning Ita mengatakan, di era millenial saat ini, sudah bukan waktunya untuk membahas era emansipasi wanita. “Saat ini sudah bukan lagi era emansipasi. Sejak 10-15 tahun lalu,  perempuan sudah bisa membuktikan bahwa di level manapun, dibidang apapun, kita mampu setara dengan pria tanpa meninggalkan kodrat sebagai wanita,” kata Walikota di depan ratusan Mahasiswa.

Walikota juga mengatakan, saat ini di Provinsi Jawa Timur yang terdiri dari 38 Kabupaten / Kota dipimpin oleh 9 orang perempuan. “Hal ini menunjukkan bagaimana kepercayaan masyarakat dan perbedaan gender tidak lagi menjadi suatu permasalahan. Tetapi yang dilihat adalah kemampuan, kapasitas, kapabilitas dalam memerintah / mengelola sebuah pemerintahan,” tuturnya.

Baca juga : Lebih Dari 31 Ribu KK di Kota Mojokerto Belum Tersambung Jargas, Ini Tanggapan Anggota DPR RI

Menurutnya, saat ini 40 % penduduk merupakan kaum millenial. Dimana ada kecenderungan mereka tumbuh beriringan dengan adanya media sosial, yang notabene keberadaannya ingin dianggap penting, ingin selalu didengarkan, ingin selalu diakomodir dan bersemangat serta memiliki antusiasme yang tinggi ketika mereka diberi kesempatan.

“ Ini adalah sebuah peluang bagaimana seorang pemimpin harus bisa inclusive, yaitu bisa masuk ke pola pikir orang lain dalam melihat suatu masalah,” jelas Ning Ita.

Kata Walikota, kaum milenial memiliki cara pandang yang kompleks, jika mampu diakomodir oleh seorang pemimpin tentu bisa memberikan sumbangsih yang luar biasa untuk sebuah daerah.

Selain Ning Ita, yang menjadi pembicara kali ini yakni Iman Dwihartanto (pengamat gender dan penyiar Radio Suara Surabaya) dan Hikmah Muhaimin (Dosen Unim).  Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Islam Majapahit Rachman Sidharta Arisandi. (gk/and)