best website stats Belum Lunasi BPIH Tahap Pertama, Calon Jamaah Haji Mojokerto Terancam Gagal Berangkat - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Belum Lunasi BPIH Tahap Pertama, Calon Jamaah Haji Mojokerto Terancam Gagal Berangkat

majamojokerto.com

Calon jamaah haji Kab. Mojokerto saat mengikuti manasik haji di IPHI Jabon, Mojokerto tahun lalu

Ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Mojokerto ternyata belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama yang akan ditutup hari ini, (15/04/2019).

informasi yang dihimpun Maja FM, musim haji tahun ini Kabupaten Mojokerto mendapat porsi sebanyak 2.138 kuris. Tapi, sejak 19 Maret 2019 lalu, masih tercatat sekitar 1.574 CJH yang membayar sisa setoran awal ongkos haji tersebut.

Mukti Ali, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Mojokerto mengatakan, ada sekitar ratusan CJH yang belum melunasi “ Jadi masih kurang sekitar 564 jamaah yang belum melunasi per Jumat pekan lalu (12/04/2019),” katanya.

Kata Mukti Ali, rendahnya cakupan itu membuat Kabupaten Mojokerto menempati jumlah CJH yang melunasi BPIH dari 38 Kabupaten/Kota di Jatim. “ Perkiraan yang bisa melunasi sampai hari terakhir sekitar 1.600 an jamaah,” terangnya.

Banyaknya jamaah yang belum melunasi itu disebabkan beberapa faktor, diantaranya calon jamaah yang memilih menunda keberangkatan, akibat kurangnya persiapak baik ekonomi maupun belum siap ke tanah suci.

Mukti Ali juga mengatakan, jika pelunasan tidak dipenuhi, maka porsi keberangkatannya akan ditunda. Sementara untuk sisa kuota yang belum terlunasi di Kabupaten Mojokerto akan di kembalikan ke Kanwil Jatim.

Kemudian, akan diakumalasikan dengan sisa kuota 38 Kabupaten/Kota lainnya untuk di isi oleh calon jamaah haji cadangan, diantaranya dari usulan kategori Lansia, penggabungan mahram, dan pernah berhaji. Dengan catatan, mereka juga wajib melunasi BPIH tahap kedua. “ Pelunasan tahap kedua mulai 30 April sampai 10 Mei nanti,” pungkasnya. (gk/and)