best website stats Belum Diperbaiki, Tanggul Anak Sungai Sadar Mojokerto Ambrol Sekitar 4 Tahun - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Belum Diperbaiki, Tanggul Anak Sungai Sadar Mojokerto Ambrol Sekitar 4 Tahun

majamojokerto.com

Kondisi tanggul anak Sungai Sadar di Dusun Mojogeneng, Desa Sadartengah, Kecamatan Mojoanyar - Mojokerto

Sudah sekitar 4 tahun terakhir ini, kondisi tanggul anak Sungai Sadar di Dusun Mojogeneng, Desa Sadartengah, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto cukup memprihantikan karena kondisinya ambrol.

Informasi yang dihimpun Maja FM, ambrolnya tanggul sepanjang 20 meter itu berada tepat di belakang gedung TPQ Nurul Huda.

Rudiyanto - Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sadartengah mengatakan, selama ini belum pernah ada ada penanganan serius dari pihak-pihak terkait. ’’Jangankan untuk memperbaiki, membuat tanggul secara darurat saja tidak ada,” sesalnya.

Kata Rudiyanto, longsoran tanggul terjadi dua bulan lalu. Tanggul diduga tidak kuat menahan derasnya air sungai akibat banjir kiriman dari hulu di sungai kawasan Pacet. ’Kondisi itu membuat tanggul juga amblas sedalam dua meter,” tegasnya.

Panjang longsoran itu juga semakin parah mencapai 20 meter dari sebelumnya 8 meter. “Sekarang kalau sekitar 20 meter saja ada. Kondisi itu juga berpotensi melebar,” imbuhnya.

Bahkan, pagar pembatas yang mengelilingi TPQ juga ikut jebol. Akibatnya, tidak ada lagi yang membatasi antara bangunan TPQ dan longsoran tanggul. “Radiusnya hanya sekitar 1 meter dengan TPQ,” tegasnya.

Sementara itu, M. Zaini - Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto mengatakan, melalui rapat kooordinasi yang dipimpin Wabup Mojokerto - Pungkasiadi dan dihadiri semua OPD, PUPR, BBWS dan Jasa Tirta, tanggul itu baru bisa ditangani tahun anggaran 2020 mendatang. “Sudah ada komitmen akan ditangani tahun depan,” paparnya. (gk/and)