best website stats Walikota Mojokerto Bertekad Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Pasar Tradisional - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Walikota Mojokerto Bertekad Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Pasar Tradisional

majamojokerto.com

Ning Ita Walikota Mojokerto Beserta Jajaran, Saat Menghadiri Pasar Rakyat Award 2019

Ika Puspitasari atau Ning Ita - Wali Kota Mojokerto menghadiri acara Peresmian Pasar Rakyat, Pasar Rakyat Award 2019, serta Rapat Kerja Kementerian Perdagangan yang dibuka oleh Jokowi Presiden yang bertempat di Exhibition Hall 3A Indonesia Convention Center (ICE) BSD, Jalan BSD Grand Boulevard No. 1 Tangerang, Banten, Selasa (12/03/2019)

Presiden meresmikan 600 pasar rakyat didampingi Enggartiasto Lukito, Menteri Perdagangan. Mendag dalam sambutannya mengungkapkan bahwa keberhasilan stabilitas pokok yang telah dilakukan Kemendag.

Terdata, pada 2015 hingga 2018, setidaknya sudah terbangun dan terevitalisasi pasar rakyat sebanyak 4.211 unit. Hingga akhir 2019, ditargetkan total pasar yang dibangun dan direvitalisasi mencapai 5.248 unit pasar rakyat.

Pada tahun ini ada 514 pasar pada Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang bersaing untuk meraih Pasar Rakyat Award 2019. Melalui tiga kategori yaitu pasar revitalisasi terbaik, pasar ramah lingkungan, pasar ramah difabel serta satu kategori untuk pengelola pasar terbaik. Pasar Rakyat Award dengan penilaian meliputi kelengkapan infrastruktur pasar, pengelolaan sampah, akses untuk penyandang disabilitas, ruang menyusui dan lain-lain.

Sementara itu, Ning Ita, Walikota Mojokerto mengatakan, Kementerian Perdagangan berkomitmen memperkuat ekonomi kerakyatan dengan melakukan program revitalisasi pasar rakyat. “Kota Mojokerto adalah salah satu yang mendapat mendapat bantuan revitalisasi pasar dari Kementerian Perdagangan,” jelas Ning Ita.

Baca juga : Cegah Korupsi, Walikota Mojokerto Konsultasi ke KPK

Untuk itu, Ning Ita berharap perekonomian di Kota Mojokerto semakin berkembang. “Kalau pasarnya sudah direvitalisasi serta didukung dengan sinergi dari segenap pelaku pasar untuk mempertahankan eksistensi pasar dan meningkatkan daya saing pasar, akan banyak yang berbelanja di pasar-pasar tradisional. Dengan demikian dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian rakyat,” seru Ning Ita.

Terkait dengan adanya revitalisasi pasar tradisional di Kota Mojokerto, Ning Ita, Walikota Mojokerto dan Cak Rizal, Wakil Walikota Mojokerto sudah beberapa kali meninjau pasar-pasar di Kota Mojokerto, serta beberapa lokasi strategis yang akan dibangun pasar baru. (gk/and)