best website stats Warga dan Pengguna Jalan Was-was Pohon Tumbang di Mojokerto - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Warga dan Pengguna Jalan Was-was Pohon Tumbang di Mojokerto

majamojokerto.com

Pohon di sepanjang kawasan Pungging, Mojokerto

Tingginya curah hujan disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Mojokerto, tidak hanya berpotensi menimbulkan bencana seperti banjir maupun tanah longsor, melainkan banyaknya pohon besar di simpang jalan juga mengancam pemukiman hingga penguna jalan.

Informasi yang dihimpun Fuad Amanulloh - Reporter Maja FM, seperti yang terjadi beberapa hari lalu di beberapa kecamatan, seperti Mojosari, Pungging dan Bangsal. Pohon tumbang sempat mengakibatkan arus lalu lintas tersendat alias macet. Sebab, pohon menutupi badan jalan hingga sempat menimpa sebuah warung makan hingga pemukiman warga.

Hal inilah yang membuat warga khawatir terkait potensi pohon tumbang diterpa angin. Seperti yang diungkapkan Yuliani (47) warga Jalan Brawijaya, Pungging, Kabupaten Mojokerto.

"Ketika angin kencang saya khawatir pohon-pohon itu tumbang dan menimpa rumah saya," ungkapnya Rabu (3/2).

Masih kata Yuliani, jalan Brawijaya merupakan jalur utama penghubung antara Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto. Setiap hari jalan itu selalu dipadati para pengendara, baik motor, mobil, maupun kendaraan besar.

"Saya juga khawatir pohon itu tumbang ke jalan dan menimpa para pengendara," tambahnya.

Hal yang sama di ungkapkan Muhammad Khoirudin (50), seorang pengendara motor. Pihaknya takut jika angin kencang tiba-tiba roboh ke jalan dan menimpa pengendara. "Saya berharap agar pohon-pohon tua dan rapuh di jalan Pungging segera dipangkas," Imbuhnya.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto telah menggelar rapat dengan berbagai pihak terkait pemangkasan pohon. Rapat bersama ini digelar beberapa hari yang lalu.

"Sebenarnya tupoksi ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang PUPR, kami sifatnya membantu saja terkait pemangkasan pohon di wilayah Pungging dan Mojosari," kata Sumiyono - Kabid Pengelolaan Persampahan, Limbah B3 dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto.

Kata Sumiyono, dari hasil rapat tersebut, pihaknya dan Dinas PUPR akan melakukan pemangkasan pohon dalam waktu dekat ini, agar masyarakat tak lagi khawatir adanya pohon tumbang.

"Minggu depan kami akan melakukan pemangkasan pohon tua dan rapuh di wilayah Pungging dan Mojosari bersama-sama," imbuhnya.

Sementara itu, Muhammad Zaini - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto mengatakan, selama Januari tercatat ada 11 kejadian pohon tumbang. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa pohon tumbang. Namun, beberapa warga mengalami kerugian materiil. "Pohon tumbang seringkali terjadi di wilayah Mojosari dan Pungging," jelasnya. (fad/and)