best website stats Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto Musnahkan Narkoba dan Ratusan Juta Uang Palsu - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto Musnahkan Narkoba dan Ratusan Juta Uang Palsu

majamojokerto.com

Pemusanahan Barang Bukti Narkoba Sampai Uang Palsu di Halaman Kejari Kabupaten Mojokerto, Senin (21/01/2019) Foto : Fuad Reporter Maja FM

Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto memusnahkan sebanyak Rp 150 juta uang palsu dan 700 gram narkotika serta obat-obatan terlarang, Senin (21/01/2019).

Dari informasi yang dihimpun Fuad Amanulloh - Reporter Maja FM, pemusanahan itu dilakukan di halaman Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto, juga memusnahkan barang bukti dari perkara yang sudah menjalani proses hukum.

Rudy Hartono - Kajari Kabupaten Mojokerto mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan hasil perkara yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap selama 2018.

"Hari ini kita musnahkan berbagai barang bukti dari hasil perkara yang sudah ditangani selama 2018 kemarin, mulai dari tindak pidana ringan sebanyak 2 perkara, 44 perkara ketertiban umum, 38 perkara orang dan harta benda, serta 208 tindak pidana lain di luar KUHP, yang meliputi Narkoba, UU pangan, lingkungan, dan undang undang kehutanan", ungkapnya.

Rudi merinci, untuk tindak pidana lain di luar KUHP yang meliputi Narkoba, UU pangan, lingkungan, dan undang undang kehutanan, ada sebanyak 500 gram narkotika jenis sabu yang di musnahkan dengan cara di bakar dan di blender.

"Selain 500 gram sabu, ada juga 200 gram narkotika jenis ganja kering dan 50 ribu butir peluru dobel l. Di tambah 3 pucuk senjata laras panjang dan uang palsu sebanyak Rp 150 juta ", imbuhnya.

Kata Rudy, barang bukti narkoba ternyata lebih banyak mendominasi.

"Kita sampaikan kepada Wakil Bupati, bahwasanya perkara narkoba yang sudah kita tangani hasil dari pelimpahan dari Polres Mojokerto kurang lebih 80 persen. Yang lebih di sayangkan lagi, rata-rata pelaku merupakan masih berusia produktif alias masih muda-mudi " tuturnya di hadapan Wakil Bupati.

Sementara itu, Pugkasiadi - Wabup Mojokerto mengatakan, jika kasus narkoba di Kabupaten Mojokerto memang sangat menghawatirkan, di tambah yang menjadi sasaran adalah kaum muda.

"Kita akan meningkatkan pencegahannya. Hal ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk memberantas narkoba di kabupaten Mojokerto khusunya", ungkapnya.

Selain menekan instansi untuk melakukan penekanan terhadap bahaya narkoba melalui sosialisasi, pihaknya juga akan meningkatkan lagi pembinaan kepada anak-anak dan remaja terkait bahaya narkoba.

Selain Wakil Bupati Mojokerto - Pungkasiadi, turut hadir dalam acara pemusnahan barang bukti di Kejari Kabupaten Mojokerto yakni, Kepala BNN Kota Mojokerto, Waka Polres Mojokerto serta sejumlah OPD lainnya. (fad/and)