Sopir Truk Yang Tabrak Mobil Patwal Polresta Mojokerto, Terancam SIM nya Dicabut

majamojokerto.com

Foto Istimewa : Saat Insiden Truk Tabrak Mobil Polisi di Mojokerto Pengawal Tahanan

Mobil Patroli Polres Mojokerto Kota yang terlibat kecelakaan di Jalan raya Majapahit tepatnya di simpang empat Kartini, Polisi menyebut jika nantinya hasil sidang menunjukkan kesengajaan dan mengakibatkan fatalitas dalam kecelakaan tersebut, maka sopir terancam akan di cabut SIM-nya.

Hal itu di katakan AKBP Sigit Dany Setyono - Kapolres Mojokerto Kota.

Kapolresta mengatakan, jika hasil pemeriksaan ada unsur kesengajaan, maka Sopir akan di kenakan sanksi tambahan berupa pencabutan SIM.

" Selain mengenakan tilang, Kita akan lakukan pemeriksaan bagaimana sang sopir mendapatkan SIM pertama kali dan juga menunggu hasil sidang " ungkapnya.

Selain itu Kapolresta juga mengatakan, dalam insiden tersebut pihak kepolisian sudah melakukan sesuai prosedur saat melakukan pengawalan " Tidak ada yang salah, pihak kepolisian sudah melakukan pengawalan secara SOP yang berlaku " teranngnya.

Artinya, setiap kali penguna jalan mendengar adanya retator, bukan hanya kepolisian, namun semuanya seperti, pemadam kebakaran, Ambulan, mobil Laka lantas, maka masyarakat harus memberikan jalan dan mendahulukan.

Kata Sigit, dengan adanya hal ini polisi akan memperhatikan kembali. Termasuk mengantensikan kembali kegunaan jam pembatasan kendaraan angkutan dan akan berkoordinasi dengan Dishub.

" Untuk tindak lanjut masalah ini, sesuai dengan aturan Undang undang lalulintas tentang angkutan jalan, bilamana terdapat kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan fatalitas, kecerobohan hingga kesengajaan, maka ancamannya kemungkinan bisa berupa pencabutan SIM. Kita lihat saja nanti hasil sidang. Sebab pencabutan SIM merupakan hukuman tambahan " tuturnya

Selain itu, Sigit juga menuturkan akan memangil pemilik truck atau pengusaha yang terlibat untuk di mintai keterangan terkait perekrutan Sopir yang di lakukan.

Insiden kecelakaan ini terjadi pada Kamis kemarin (10/01/2019) sekitar pukul 10:30 WIB. Mobil patroli milik Satuan Sabhara Polres Mojokerto Kota bernopol 1002/61 yang di tumpangi dua anggota Sabhara sedang melakukan pengawalan tahanan dari Lapas Kelas IIB Mojokerto menuju kantor Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto.

Namun, tepat di perempatan Kartini jalan raya Majapahit Kota Mojokerto, tiba-tiba mobil patroli di tabrak sebuah truck bernopol W 8123 UC yang di tumpangi warga berinisial A asal Cerme, Gresik. (fad/and)