best website stats Masuk Nominasi Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat, Wawali Mojokerto Optimis Juara - Suara Mojokerto | MAJA FM 100.7

Masuk Nominasi Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat, Wawali Mojokerto Optimis Juara

majamojokerto.com

Achmad Rizal Zakaria - Wakil Walikota Mojokerto yang mewakili Ika Puspitasari - Walikota bersama Ketua TP PKK Kota Mojokerto Nur Chasanah, telah menerima Tim Monitoring Evaluasi (Monev) Terpadu di Kalimati Gang 1 Kota Mojokerto Kamis (10/01/2019).

Kedatangan Tim Monitoring untuk melakukan penilaian, karena Kota Mojokerto menjadi salah satu nominator Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019. Turut hadir jajaran Kepala Dinas, Camat, lurah serta PKK Kelurahan Jagalan. Mengawali sambutannya, Nur Chasanah - Ketua TP PKK Kota Mojokerto menyampaikan selamat datang kepada tim monev terpadu LBS di Kota Mojokerto.

Inovasi yang ada di lingkungan kalimati yaitu sudah adanya biopori, kawasan CTPS (cuci tangan pakai sabun), kawasan tertib rokok, sudah ada bank sampah di semua RW, Posko Paman (posko pangan aman), sudah ODF (Open Defecation Free/stop buang air besar sembarangan), lingkungan Kasih Setia (Kampung Bersih, Sehat, Teduh, Indah dan Aman).

Lingkungan Kalimati juga telah mendapatkan prestasi yaitu kelurahan terbaik pelaksanaan PKMBP tahun 2010, juara III lomba kelurahan berseri tahun 2017, dukungan terhadap pemerintah Kota Mojokerto atas penghargaan Kota Layak Anak Kategori Pertama Tahun 2017, kawasan tertib rokok (RW 03 Lingkungan Jagalan) tahun 2017.

Nur juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh OPD terkait yang memberikan pembinaan kepada warga di lingkungan Kalimati, juga tokoh masyarakat, PKK dan kader yang mempertahankan lingkungan Kalimati tetap menjadi lingkungan bersih dan sehat. “Saya berharap dengan kerja sama yang baik dari semua pihak, lingkungan Kalimati menjadi juara dengan nomor terkecil di lomba tingkat Provinsi ini,” serunya.

Sementara, Kristin Anom Surahno - Ketua tim Monev Terpadu, menyampaikan, kedatangan Tim Monev ke Kota Mojokerto hanya untuk memonitoring dan mengevaluasi profil yang sudah dikirimkan ke TP PKK Provinsi. “Kami terjun untuk mencocokkan apa yang ada pada profil dengan kondisi sebenarnya. Dan Kota Mojokerto sudah menjadi nominator dari 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur bersama Kabupaten Gresik dan Kabupaten Trenggalek,” lanjut Kristin.

Sementara itu Cak Rizal, sapaan Wakil Walikota Mojokerto optimis pada Lingkungan Kalimati. “Kalau mau ikut lomba sebenarnya bisa kita carikan lingkungan yang sudah siap. Tetapi TP PKK Kota Mojokerto mencarikan lingkungan yang betul-betul aktif di dalam hal kebersihan, walaupun dekat pasar tapi masyarakatnya bisa didorong (untuk hidup bersih),” jelas Cak Rizal. Kota Mojokerto merupakan kota yang kecil, sehingga Walikota memberi jargon “Small is beautifull”.

Meski kecil kotanya tapi tingkat kepadatan penduduk besar dan yang paling berpengaruh dalam mencapai pola hidup sehat. “Jadi yang kita tata pertama adalah lingkungannya dulu, bila lingkungan sehat Insya Allah masyarakatnya gampang diajak hidup sehat,” lanjutnya. (gk/and)