E100.7 MAJAFM
BERITA TERKINI
Senin, 05/11/2018 07:47 WIB
Menkes dan Wabup Mojokerto Ajak Warga Biasakan Makan Sayur dan Buah Nusantara
Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54 Tahun 2018
MAJA mojokerto | Salah satu perilaku hidup sehat adalah membiasakan diri makan sayur dan buah, hal inilah yang digalakkan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan menjadi pesan penting Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Farid Moeloek, yang dibacakan Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, saat memimpin upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018, Senin (12/11) pagi di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

“Tema HKN ke-54 tahun 2018 adalah “Aku Cinta Sehat” dengan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Saya menghimbau masyarakat agar membiasakan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Hal ini merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang digalakkan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” kata wabup.

Kesehatan sebagai modal ketangguhan bangsa, tambah wabup, juga memerlukan dukungan dari semua pihak. “Masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan baik di pusat maupun daerah. Saya mengharapkan kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program-program kesehatan guna mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran Pemerintah pusat dan daerah,” tambah wabup.

Dalam upacara ini juga diserahkan beberapa penghargaan dan lomba HKN 2018. Diantaranya Penghargaan kepada Forum Kabupaten Mojokerto Sehat karena telah lolos 4 tatanan verifikasi penilaian Kab/Kota Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2018. Penghargaan ini diserahkan wakil bupati, kepada Yayuk Ismawati selaku Ketua Forum Kabupaten Mojokerto Sehat.

Ada juga penghargaan Kabupaten Terbaik II Pelaksanaan Program Pamsimas III Provinsi Jawa Timur kepada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Mojokerto. Penghargaan ini juga diserahkan wabup kepada Eddy Taufiq selaku Plt. Kepala Dinas. Diumumkan juga beberapa puskesmas di Kabupaten Mojokerto yang sudah terakreditasi di tahun 2018. Antara lain Puskesmas Dlanggu, Jatirejo, Ngoro, Dawarblandong, Mojosari, Gedeg, Pesanggarahan, Pacet. Kedungsari dan Pungging. (zac/ADV)
BERITA TERKAIT