E100.7 MAJAFM
BERITA TERKINI
Jumat, 13/04/2018 18:22 WIB
Permudah Layanan Publik, Polres Mojokerto Launching 11 Aplikasi Berbasis IT
MAJA mojokerto | Sejumlah terobosan baru untuk memudahkan pelayanan masyarakat terus dilakukan oleh jajaran Polres Mojokerto. Berbagai aplikasi berbasis IT di launching oleh Irjen Pol Bambang Sunarwibowo - Asrena Kapolri dan Irjen Pol Machfud Arifin - Kapolda Jatim beserta tamu undangan lainya di Mako Polres Mojokerto .

Dalam acara tersebut, Polres Mojokerto meluncurkan 11 item inovasi berbasis teknologi informasi. Selain dihadiri pejabat dari Polri dan Polda.

Turut hadir juga dalam acara tersebut diantaranya Diah Natalisa - Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Muhammad Yusuf - Deputi Reformasi Birokrasi Kemenpan RB , Brigjen Pol Adi Prawoto - Ateh Karo Reformasi dan Birokrasi Polri , Mustofa Kamal Pasa - Bupati Mojokerto.

Dalam sambutanya, AKBP Leonardus Simartama - Kapolres Mojokerto menjelaskan, terobosan berbasis IT yang dilaunching kali ini meliputi Command Center, aplikasi Semeru Majapahit, aplikasi Semeru Police, Taman Lalu Lintas berbasis IT, Dumas Online, Traffic Manajemen Center, SKCK online, SP2HP Online, Call Center 110, aplikasi Door to Door system untuk Sat Binmas, dan Graha Zebra Cendekia.

Dirinya mencontohkan seperti Semeru Majapahit. "Aplikasi ini bisa di unduh (download) di Play Store. Dan kegunaanya bila terdapat kejadian, maka dengan mudah masayarakat melaporkan kepada pihak kepolisian, seperti tindak keriminal atau pun kecelakaan lalu lintas", Jelas Kapolres .

Disisi lain, Irjen Pol Bambang Sunarwibowo - Asrena Kapolri juga mengapresiasi berbagai terobosan yang dibuat Polres Mojokerto.

"Ini luar biasa, dengan kucuran dana dari APBN yang terbatas, Polres mampu membuat berbagai inovasi", katanya.

Pihaknya juga nengharapkan, meski sudah membuat inovasi dengan pelayanan berbasis IT, namum harus di imbagi tindakan pelayanan ke masyarakat yang lebih baik.

"Inovasi yang dibuat Polres Mojokerto menjadi contoh bagi Polres lain, baik di Jatim maupun di provinsi lain di tanah air", harapnya.

Sementara itu, Irjen Pol Machfud Arifin - Kapolda Jatim juga mengungkapkan hal yang sama. Dirinya sangat mengapresiasi Polres Mojokerto, lebih-lebih kepada Kapolres.

"Belum sampai satu bulan berkunjung ke Polres Mojokerto pada bulan kemarin untuk mengecek command center yang dinilai belum sempurna, namun kini command center di Polres Mojokerto bisa digunakan untuk berinteraksi dengan anggota di lapangan", kata Kapolda.

Pihanya juga berharap agar Polres-polres yang lain di Jawa timur bisa mencontoh keberhasilan Polres Mojokerto, dalam menciptakan terobosan-terobosan baru yang kembalinya kepada pelayanan masyarakat yang lebih prima. (fad/and)
BERITA TERKAIT